Wednesday, September 06, 2017


TENTANG KANKER

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas.

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut. 

Ada 7 gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kanker, yaitu:

  1. Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
  2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
  3. Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
  4. Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).
  5. Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar dan gatal.
  6. Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
  7. Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.


PENCEGAHAN 

Sebagian besar jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat sejak usia muda dan menghindari faktor-faktor penyebab kanker. Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat dan menghindari penyebab kanker:
  1. Mengenai makanan
  2. Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan
  3. Lebih banyak makan makanan berserat.
  4. Lebih banyak makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, beberapa kali sehari
  5. Lebih banyak makan makanan segar
  6. Mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama
  7. Membatasi minuman alkohol
  8. Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual
  9. Hindari kebiasaan merokok. Bagi perokok: berhenti merokok.
  10. Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress
  11. Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.

Sumber : Yayasan kanker indonesia

Tanda-Tanda Kanker Serviks Stadium Awal Pada Wanita
Kanker Serviks adalah penyakit yang sangat berbahaya. Banyak wanita yang sudah terkena penyakit ini. Umumnya para wanita tidak mengerti tanda-tanda kanker serviks. Itu karena pemahaman akan penyakit ini sangat kurang. Sebagian besar wanita yang terkena penyakit ini sadar setelah stadium lanjut. Padahal ada banyak sekali tanda yang umum muncul jika penyakit ini menyerang.

Tanda – Tanda Kanker Serviks Stadium Awal
Tanda-tanda kanker serviks stadium awal dapat dilihat dari rasa sakit pada mulut rahim. Rasa sakit tersebut memang tidak muncul dengan intensitas yang sering. Tetapi jika penyakit ini semakin parah rasa sakit tersebut akan sangat terasa.

Apabila Anda merasakan mulut rahim terasa sakit lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter karena itu adalah salah satu tanda kanker rahim. Rasa sakit pada mulut rahim diakibatkan oleh virus human papilloma yang mulai menggerogoti sel dan jaringan pada mulut rahim.

Tanda lain yang dapat Anda rasakan adalah sakit pada saat berhubungan intim dengan suami. Rasa sakit tersebut tidak seperti biasanya dan cenderung perih. Dalam banyak kasus ada pula wanita yang mengeluarkan darah pada saat berhubungan intim.

Darah yang keluar tersebut adalah tanda dari kanker serviks yang cukup parah. Anda harus melakukan tindakan yang cepat karena jika Anda lambat bisa membuat Anda tidak memiliki anak karena rahim yang ada dalam tubuh harus diangkat.

Pada  Tanda-tanda Kanker Serviks Pada Wanita yang sudah masuk dalam stadium akhir biasanya dapat terlihat dari keluarnya cairan dari area kewanitaan. Cairan yang keluar dari area kewanitaan tersebut memiliki warna yang kuning dan berbau kurang sedap.

Banyak pula yang merasakan jika ada darah yang tercampur pada cairan tersebut. Anda akan merasakan tidak nyaman karena cairan tersebut akan terus keluar dan akan terus bertambah jika tidak segera diobati. Jika sudah dalam tingkat yang kronis para dokter akan melakukan tindakan operasi.

Tindakan operasi harus dilakukan karena jika tidak dilakukan penyakit ini bisa mengancam nyawa sang wanita tersebut. Tindakan lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat kimia ataupun obat herbal. Tetapi menggunakan obat membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.

Agar Anda terhindar dari kanker serviks maka Anda harus melakukan pencegahan. Ada banyak sekali pencegahan yang dapat Anda lakukan. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan rajin memeriksakan kondisi organ intim dan rahim ke dokter. Dengan melakukan cara ini, maka jika ada tanda-tanda kanker serviks pada tubuh bisa terdeteksi secara cepat.

Wanita juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat dan bisa mencegah kanker serviks adalah makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti buah dan juga sayur. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Lahir sebagai seorang perempuan pastinya menjadi kodrat yang tidak bisa dihindari, Ditakdirkan menjadi seorang perempuan pastinya memiliki keuntungan bagi tiap-tiap orang. Perempuan diberikan karunia oleh Tuhan YME yang tidak dimiliki oleh laki-laki manapun di dunia ini, yaitu Rahim.

Rahim yang secara garis besar merupakan tempat tumbuh bagi janin di dalam kandungan. Mengingat pentingnya Rahim bagi perempuan, maka diwajibkan untuk dirawat secara baik. Karena apabila diabaikan mengenai kesehatan Rahim, ada kemungkinan untuk terserang penyakit kanker rahim. Penyakit yang tergolong ganas ini, sangat menakutkan, dan bisa menyebabkan kematian.

Ciri – Ciri Penyakit Kanker Rahim
Penyakit yang hanya menyerang wanita ini, memang tidak bisa dilihat ciri-cirinya apabila masih dalam tahap stadium satu. Ciri-ciri penyakit Kanker Rahim baru akan jelas terlihat ketika sudah naik tingkat menjadi stadium dua. Pada tahap ini, ciri-ciri yang banyak ditemui pada pasien yang terjangkit kanker rahim ialah, siklus menstruasi yang tidak berjalan dengan normal.

Pada umumnya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 7 – 10 hari dan itupun dengan jumlah bulir darah yang normal. Ciri yang lainnya ialah area kewanitaan sering mengeluarkan darah meski tidak sedang menstruasi, sering timbul rasa sakit pada bagian perut atau panggul, atau juga rasa sakit yang dikeluhkan ketika sedang bersama pasangan.

Dan biasanya setelah ciri-ciri tersebut muncul, maka akan muncul pula gejala-gejala seperti keluarnya darah ketika berhubungan badan, dan juga rasa sakit yang luar biasa. Hal ini dikarenakan area pria menyentuh bagian rahim yang ditumbuhi kanker. Dan gejala penyakit kanker rahim yang lainnya ialah keluarnya cairan berwarna bening dengan aroma yang tidak sedap.

Cairan tersebut seperti keputihan namun, bukan keputihan. Cairan tersebut lebih tepatnya disebut cairan nanah yang keluar melalui mulut area kewanitaan. Apabila penderita sudah lanjut usia atau 40 tahun keatas, selain gejala diatas biasanya disertai dengan anemia ataupun penurunan berat badan yang sangat drastis.

Semoga Artikel Tentang KANKER dan Ciri Cirinya Membantu Kaum Wanita Untuk Selalu Menjaga Kesehatannya, Baik Dari Dalam Tubuh Yang Diakibatkan Pola Makanan Yang Tidak Sehat Serta Dari Luar Tubuh Yang Harus Tetap Dijaga Kebersihannya.



Iklan Google